Artikel

Hadits

Rasulullah bersabda :
Mukmin sejati adalah yang mampu memberikan  rasa aman baik dalam hal ekonomi maupun bagi keberlangsungan hidup orang lain. Muslim sejati adalah yang mampu membebaskan orang lain dari penindasan lisan dan tangan (kekuasan) nya. Mujahid atau pejuang sejati adalah yang mampu mengendalikan diri untuk tetap di jalan Allah (kebenaran). Dan penghiijrah sejati adalah yang berhasil menghijrahkan dirinya jauh dari perbuatan salah dan dosa.
(HR. Ahmad dan Ibnu Majah)


Rasulullah bersabda :
Sesungguhnya pada dirimu ada dua perangai yang di cintai Allah yakni sifat lemah lembut (sabar) dan ketenangan (tidak tergesa-gesa).
(HR. Muslim)


Perkataan yang baik itu adalah sedekah.
(HR. Bukhari)


Bukanlah seorang mukmin itu yang jadi pencaci, pelaknat, bukan juga yang suka berkata kotor atau lidahnya suka menyebut kata-kata yang hina.
(HR. Tirmidzi)


Sesungguhnya seorang hamba bisa saja mengucapkan sepatah kata yang bisa menimbulkan kemurkaan Allah, yang bisa jadi ia tidak pernah memperdulikan ucapannya tersebut, namun karena ucapan itu ia terjerumus ke dalam neraka jahannam.
(HR. Bukhari)


Sabda Rasul tentang ciri-ciri wanita shalihah :
Yang selalu membuat suaminya bergembira bila di pandang ; yang selalu taat kepada suaminya dan yang tidak pernah melanggar perintahnya ;  serta tidak berkhianat dalam mengelola harta suaminya tersebut.
(HR. An Nasa'i)


Janganlah kalian berkarakter lemah, sehingga mengatakan, jika orang-orang baik kitapun akan baik dan jika mereka buruk kitapun buruk. Namun kokohkan kepribadianmu. Jika mereka baik, kalianpun harus berbuat baik, jika mereka buruk janganlah berbuat zhalim.
(HR. Tirmidzi)


Wahai Aisyah, bersikap lembutlah. Sesungguhnya Allah jika menghendaki kebaikan pada sebuah keluarga, niscaya Dia akan mengkaruniakan  sikap lemah lembut kepada mereka.
(HR. Ahmad)


Aku menjadi saksi di hadapan Allah bahwa tidaklah seseorang yang berakal terlanjur berbuat salah (lalu menjadikannya sebagai ibroh sehingga ia tidak terjatuh pada lubang yang sama dua kali) melainkan Allah akan mengangkat derajatnya hingga menyediakan tempat kembali baginya berupa surga.
(HR. Thabrani)


1 dinar yang kamu infaqkan di jalan Allah, 1 dinar yang kamu infaqkan untuk memerdekakan budak, 1 infaq yang kamu shodaqohkan kepada orang miskin dan 1 dinar yang kamu infaqkan kepada keluargamu, maka yang paling besar adalah yang kamu infaqkan kepada keluargamu.
(HR. Muslim dari Abu Hurairah)


Wanita yang di nikahi karena salah satu dari beberapa faktor : kecantikannya, hartanya, akhlaqnya dan agamanya. Hendaklah kalian memilih wanita yang baik agama dan akhlaqnya, niscaya kalian akan beruntung.
(HR. Ahmad dan Hakim dari Abu Sa'id Al Khudri)


Wahai Dzat yang membolakbalikkan hati, kokohkanlah hatiku di atas agamaMu, Wahai Dzat yang merubah-rubah hati, kokohkanlah hatiku di atas ketaatan kepadaMu.
(HR. Tirmidzi, Ahmad, dll)


Rasulullah bersabda :
Perumpaan orang mukmin yang membaca Al Qur'an adalah seperti bunga uttrujah, bau harumnya dan rasanya lezat. Orang mukmin yang tak suka baca Al Qur'an seperti buah kurma, baunya tidak begitu harum tapi manis rasanya. Orang munafik yang membaca Al Qur'an ibarat sekuntum bunga, berbau harum tapi pahit rasanya dan orang munafik yang tidak membaca Al Qur'an seperti buah hanzalah, tidak berbau dan rasanya pahit sekali.
(HR. Bukhari dan Muslim)


Rasulullah bersabda :
Marah itu dapat merusak iman seperti pahitnya jadam merusak manisnya madu.
(HR. Baihaqi)


Allah SWT berfirman sebagaimana di sebutkan dalam hadits Qudsi :
Wahai anak Adam, ingatlah kepadaKu ketika kamu marah. Maka Aku akan mengingatmu jika Aku sedang marah (pada hari akhir).


Rasulullah bersabda :
Orang kuat bukanlah yang dapat mengalahkan musuh, namun orang kuat adalah orang yang dapat mengontrol  dirinya ketika marah.
(HR. Bukhari dan Muslim)


Rasulullah bersabda :
Janganlah engkau marah dan surga bagimu.
(HR. Ibnu Abid Dunya dan Thabrani)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar